GRAFIK DENGAN 2 SUMBU VERTIKAL YANG BERBEDA

Penyajian data seringkali menjadi hal yang rumit apalagi jika data tersebut terdiri dari 2 satuan/komponen pada obyek yang sama. Untuk menampilkan yang lebih mudah dipahami terkadang kita kesulitan. Salah satu cara yang lebih mudah menampilkan suatu dari dari obyek yang sama tetapi mempunyai nilai/parameter yang berbeda satuan adalah dengan menampilkan dalam bentuk grafik. Grafik tersebut akan lebih mudah dipahami jika ditampilkan dalam grafik yang sama tetapi mempunyai 2 (dua) sumbu yang berbeda, yaitu sumbu vertikal kiri dan sumbu vertikal kanan.

Cara pembuatan grafik tersebut sepert contoh menggunakan program exel 2010 berikut ini:

Sampel

Berat (kg)

Volume (cc)

A

2

134

B

4

174

C

6

137

D

8

178

E

3

246

F

2

257

Grafik di atas merupakan sumber data yang akan diubah dalam bentuk grafik. Pertama kali yang dilakukan adalah menggubahnya dalam bentuk grafik, yaitu memilih “Insert è Grafik”. Jika pada program exel 2010 dilakukan seperti di bawah ini.

Sehingga akan tampil grafik sebagai berikut.

Selanjutnya klik kanan pada bagian garis grafik yang akan dijadikan sumbu vertikal sebelah kanan. Sebagai misal adalah grafik volume (grafik batang berwarna merah). Selanjutnya pilih “Format data series”.

Selanjutnya pilih “Secondary axis”.

Setelah itu tutup jendela tersebut dengan memilih “Close”, sehingga akan terlihat tampilan sebagai berikut:

Untuk lebih memudahkan grafik tersebut dapat diubah menjadi grafik garis keduanya atau salah satunya. Jika untuk mengubah keduanya dapat diubah dengan memilih “Change Chart Type” dan pilih tipe grafik yang diinginkan. Sedangkan jika hanya salah satu saja (dalam satu dijadikan 2 tipe grafik) dilakukan dengan cara klik kanan pada grafik yang akan diubah dan memilih “Change Chart Type” dan pi;ih grafik yang diinginkan.

Setelah dipilih tampilan grafik akan menjadi grafik yang lebih mudah untuk dipahami.